PERATURAN PERTANDINGAN BOLA BASKET POM RAYON I 2019
SIFAT PERATURAN

1. Keputusan panitia penyelenggara POM RAYON I 2019 adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
2. Semua peserta POM RAYON I 2019 wajib mengikuti semua peraturan yang telah ditetapkan panitia penyelenggara.
3. Segala kepentingan pendaftaran dilakukan secara online, sehingga diwajibkan seluruh pendaftar mengikuti setiap alur unggah dan unduh data. Link informasi dan registrasi di http.www.app.pomrayon.dinus.ac.id

PERATURAN PERMAINAN

Peraturan permainan yang digunakan dalam POM RAYON I 2019 adalah Peraturan Resmi Bola Basket tahun 2017 (FIBA) yang disesuaikan dengan Peraturan Khusus POM RAYON I 2019. BIAYA PENDAFTARAN, WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Biaya pendaftaran untuk cabang olahraga bola basket adalah sebesar Rp. 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah) per tim dan dikirimkan melalui No Rekening “3099000558Bank Jateng atas nama Universitas Dian Nuswantoro. (mohon diberi keterangan “Pendaftaran POM BASKET”) Batas pendaftaran adalah 20 Maret 2019 jam 18.00 WIB. Pendaftaran otomatis tertutup jika kuota putra sebanyak 12 tim dan putri sebanyak 10 tim.

UDINUS Sport Center, Jl. Pamularsih Raya No.42-44, Salamanmloyo, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50149, Dari jam 07.30 WIB sampai dengan 22.30 WIB.

PESERTA

Atlet peserta POM Rayon I adalah mahasiswa yang mewakili perguruan tinggi Rayon I Jawa Tengah dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Peserta POM RAYON I 2019 adalah Official dan Pemain. Peserta tidak boleh merangkap sebagai peserta tim lain atau petugas pertandingan, atau jabatan yang menurut panitia dapat menimbulkan konflik kepentingan.
2. Warga Negara Indonesia dan harus berstatus mahasiswa aktif (program diploma, sarjana dan magister) pada perguruan tinggi yang dibina oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (termasuk Kementrian Agama dan Kementrian Kesehatan).
3. Terdaftar di pangkalan data pendidikan tinggi (PD-Dikti)
4. Atlet peserta yang didaftarkan dan tergabung dalam satu kontingen perguruan tinggi.
5. Atlet peserta memenuhi syarat mahasiswa yan cuti, serta surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh pimpinan peguruan tinggi bidang kemahasiswaan yang bersangkutan.
6. Atlet peserta tidak dalam keadaan menjalani skorsing dari organisasi induk cabang olahraga
7. Pada tanggal 31 desember 2019 minimal berusia 17 (tujuh belas) tahun dan maksimal berusia 23 (dua puluh tiga) tahun

PERTEMUAN TEKNIK (Technical Meeting)

1. Setiap tim peserta diharapkan dapat mengirimkan delegasinya saat Pertemuan Teknik.
2. Setelah Pertemuan Teknik, daftar pemain dan ofisial yang sudah diserahkan kepada panitia dianggap sah dan tetap, tidak dapat dirubah, kecuali hal yang bersifat force majeur.
3. Membawa seluruh persyaratan yang telah ditentukan (Hal. 3, Poin h) dalam bentuk fotokopi dan yang asli guna proses verifikasi oleh panitia.
4. Temu Teknik diselenggarakan pada hari Selasa, 30 April 2019 jam 14,00 WIB di Ruang Rapat Gedung H.1.

PERATURAN KHUSUS

1. Sistem Pertandingan dan Waktu Pertandingan
Pertandingan Sistem pertandingan menggunakan format sistim gugur. Tim-tim yang menjadi unggulan akan di pisah terlebih dahulu (seeded) sebanyak 4
tim, 3 tim dari penyelenggaraan POM Rayon 2017 dan tim tuan rumah. Waktu pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah 4 x 10 menit kotor dimana saat Timeout, dan diskusi wasit waktu berhenti. Waktu pertandingan yang digunakan pada babak semifinal dan final adalah 4 x 10 menit bersih, sesuai dengan Peraturan Resmi Bolabasket 2017 (FIBA)

2. Tim Peserta
Setiap Perguruan Tinggi hanya dapat mendaftarkan 1 (satu) tim putra dan/atau 1 (satu) tim putri. Setiap Perguruan Tinggi yang mendaftar wajib menyertakan surat rekomendasi dari pihak rektorat. Setiap tim dapat mendaftarkan 12 pemain dan 3 orang official. Setiap tim harus menyerahkan daftar nama 5 orang pemain inti yang akan bermain, paling lama 5 menit sebelum pertandingan dimulai. Setiap tim harus mengisi formulir online daftar pemain dan melampirkan foto dengan menggunakan jas almamater (format .jpg). Seluruh materi tersebut diupload/diunggah melalui http.www.app.pomrayon.dinus.ac.id

3. Pemain
Atlet peserta adalah warga negara Indonesia dan harus berstatus mahasiswa aktif (Program Diploma, Sarjana dan Magister) pada perguruan tinggi yang dibina oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (termasuk Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan). Pemain POM RAYON I 2019 tidak boleh merangkap sebagai official, petugas pertandingan, atau jabatan lain yang dapat menimbulkan konflik kepentingan menurut panitia. Pada tanggal 31 Desember 2019 minimal berusia 17 (tujuh belas) tahun dan maksimal berusia 23 (dua puluh tiga) tahun. Tiap tim wajib menyertakan dokumen-dokumen berikut sebagai syarat pendaftaran:
a) Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku;
b) Kartu Tanda Penduduk (KTP);
c) Kartu Rencana Studi (KRS) atau Kartu Hasil Studi (KHS) semester terakhir;
d) Menyertakan surat keterangan mengikuti POM RAYON I 2019 dari kampus;
e) Screen Shot status mahasiswa dari web PDDIKTI;
f) Seluruh berkas syarat peserta tersebut diupload/diunggah melalui http.www.app.pomrayon.dinus.ac.id
Menyerahkan kontak Pribadi yang bertanggung jawab terhadap tim (alamat email dan nomor handphone)

4. Official
Setiap tim mempunyai perangkat sebagai berikut:
Manajer Tim, yaitu orang yang bertugas sebagai penghubung antara timnya dengan panitia (non teknis pertandingan),
Pelatih, yaitu orang yang bertugas dalam hal teknis pertandingan. Pelatih harus berlisensi minimal B (yang masih berlaku).
Assisten, yaitu orang yang bertugas membantu atau memudahkan tugas-tugas pelatih atau manajer. Assisten boleh bertugas sebagai assisten pelatih, assisten manajer, kesehatan, atau sekedar tim follower (pembantu tim).

Setiap pertandingan Manajer dan/atau Pelatih wajib berada di lapangan sebelum pertandingan dimulai (tip off), apabila salah satu atau kedua-duanya tidak ada maka tim tersebut tidak dapat bertanding, dan dinyatakan kalah Walk-out (WO).
Official wajib berpakaian rapi dan sopan,
a) Putra, atasan berkerah (kemeja atau polo shirt), bercelana panjang, bersepatu (bukan sepatu sandal/selop).
b) Putri, atasan berkerah (kemeja atau polo shirt atau blazer), bukan gaun. Bercelana panjang atau rok panjang, bersepatu (bukan sepatu sandal/selop).

5. Kostum tim
Setiap tim wajib memiliki minimal 2 set kostum basket yang terdiri dari:
a) Kostum berwarna terang yaitu putih
b) Kostum berwarna gelap
Kostum harus seragam baik desain, nomor, nama tim, dan nomor punggung. (No Punggung dimulai dari angka 0, 00 sampai angka 99)
Setiap kostum harus mempunyai nomor baik dibagian belakang maupun dibagian depan kostum, dan juga di celana bagian depan.
Nomor yang digunakan bebas, mulai dari 0, 00 sampai 99. Nomor yang sudah dipakai oleh satu pemain tidak boleh dipakai pemain lainnya.

6. Bola Pemanasan dan Bola Pertandingan
Bola yang digunakan saat pertandingan ialah bola Molten tipe GG7 untuk putra dan tipe GG6 untuk putri, kecuali ada perubahan.
Panitia tidak menyediakan bola pemanasan untuk tim yang akan bertanding.

7. Perangkat Pertandingan
Perangkat pertandingan yang bertugas dalam setiap game ialah:
a) Pengawas pertandingan (Commisioner);
b) Koordinator wasit;
c) 3 wasit untuk setiap pertandingan dengan Lisensi B1 dan A;
d) dan 3 orang petugas meja.
e) Pengawas pertandingan, Koordinator wasit dan Wasit, ditunjuk dan ditugaskan
oleh Peng-Prov Perbasi melalui surat rekomendasi dari Pengkot/Pengkab Perbasi
setempat.

8. Pelanggaran dan Sanksi
– POM RAYON I 2019 adalah kompetisi bola basket tingkat Perguruan Tinggi yang bersih dan menjunjung nilai-nilai sportifitas serta etika bermain yang tinggi. Maka, setiap tindakan pemukulan atau perkelahian dalam kompetisi ini tidak dapat ditolerir dan akan dibebankan sanksi yang tegas.

– Tim yang terbukti melakukan manipulasi atau pemalsuan data pemain akan dikeluarkan dari kompetisi POM RAYON I 2019.

– Apabila menurut pengamatan serta pertimbangan dari Wasit dan Pengawas Pertandingan ada pemain atau official yang membuat keonaran maka terhadap yang bersangkutan dikenakan sanksi “diskualifikasi” sampai kejuaran ini berakhir, dan pemain tidak boleh digantikan.

– POM RAYON I 2019 tidak boleh dihentikan karena suatu pemogokan. Apabila karena suatu sebab sehingga pertandingan berhenti, wasit akan memberikan waktu paling lama 15 menit kepada kapten tim yang sedang bertanding. Jika waktu 15 menit tersebut sudah dilalui dan tim yang dimaksud masih tetap tidak bersedia melanjutkan pertandingan maka tim tersebut dinyatakan telah melakukan pembangkangan terhadap keputusan wasit dan tim tersebut dianggap melakukan pemogokan dan dinyatakan kalah “WO” sampai kejuaraan ini berakhir.

– Apabila ada wasit yang melakukan pemogokan dapat dilakukan pemecatan sementara sebagai wasit oleh Pengawas Pertandingan, panitia Pelaksana menunjuk wasit pengganti setelah berkonsultasi dengan Pengawas Pertandingan dan Koordinator Wasit. Baik pemukul pertama maupun pembalas pukulan tidak diperkenankan bermain pada pertandingan yang sedang berjalan dan sampai kejuaraan berakhir dan denda sebesar Rp. 1.000,000,- (Satu Juta Rupiah). Jika Tim tidak membayar denda, maka tim tersebut tidak bisa bertanding di pertandingan selanjutnya.

– Apabila peristiwa penganiayaan mengakibatkan terjadinya baku hantam secara massal antara pemain kedua tim maka terhadap kedua pemain yang menjadi sumber penyebabnya, wasit berhak mengeluarkan kedua pemain dari pertandingan dan secara otomatis akan dikenakan larangan untuk bermain pada sisa pertandingan sampai kejuaraan berakhir dan denda sebesar Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah).

– Pemukulan yang dilakukan pemain terhadap pemain lawan, official, wasit dan petugas pertandingan akan mengakibatkan dicoretnya pemain tersebut dari keseluruhan pertandingan sampai event ini selesai dan dikenakan denda sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah). Apabila tidak dibayar maka timnya tidak dapat melanjutkan sisa pertandingan sampai kejuaraan berakhir.

– Pemukulan yang dilakukan secara beramai-ramai terhadap pemain lawan, official, wasit dan petugas pertandingan yang dilakukan oleh pemain dan official tim peserta akan dikenakan sanksi di ”diskualifikasi” dari pertandingan tersebut dan tidak diperbolehkan bermain sampai event ini selesai serta denda sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah). Apabila tidak dibayar maka tim tersebut tidak akan diperkenankan bermain pada POM RAYON I tahun depan.

– Tim yang tidak hadir ke tempat pertandingan yang sudah ditentukan tanpa memberi alasan-alasan yang dapat diterima oleh pengawas pertandingan, dianggap sama dengan melakukan pemogokan.

– Bila suatu tim pada saat jam pertandingan belum hadir akan ditunggu selama 15 menit. Setelah 15 menit dari jam pertandingan dimulai belum hadir maka tim tersebut dianggap mengundurkan diri (WO)

9. Gangguan
Apabila terjadi gangguan yang mengakibatkan pertandingan terpaksa dihentikan maka penyelesaian gangguan tersebut ditunggu sampai 30 menit. Jika setelah 30 menit gangguan tidak dapat diatasi, maka:
– Apabila gangguan terjadi sebelum quarter 1 berakhir, maka pertandingan akan diulang seluruhnya dengan skor 0-0
– Apabila gangguan terjadi pada quarter 2 dan quarter 3 s.d. Menit ke-10, maka pertandingan dilanjutkan dengan sisa waktu yang ada
– Apabila ganguan terjadi pada quarter 4, maka pertandingan dinyatakan selesai dan skor dianggap sah
– Apabila gangguan terjadi pada babak tambahan , maka pertandingan dianggap selesai dan skor dianggap sah. Bila terjadi skor sama, maka pertandingan babak tambahan akan diulang seluruhnya dan skor diteruskan

10. Protes
Kapten team menandatangani blangko pertandingan/scoresheet. Pengaduan atau protes dapat diajukan kepada panitia secara tertulis dalam waktu 30 (tiga puluh) menit setelah pertandingan selesai dengan membayar biaya pengaduan/protes sebesar Rp 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah). Jika pengaduan/protes tersebut diterima atau ditolak, maka uang tersebut dianggap hilang.
Pengaduan/protes akan diselesaikan oleh Panitia, Pengawas Pertandingan dan pihakpihak terkait Keputusan adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

11. Penutup
Hal-hal lain yang tidak atau belum diatur dalam peraturan pertandingan ini, akan ditetapkan
kemudian oleh pihak Panitia.

Peraturan Pertandingan Selengkapnya Dapat Diunduh Dibawah ini

en_USEnglish